judul website 2020 1

Rapat Koordinasi dan Evaluasi MS Calang di Bulan Oktober 2023

Ditulis oleh Administrator. Posted in Berita

Ditulis oleh Administrator. Posted in Berita

 1

Calang | Rabu (25/10/2023) pukul 14.00 WIB, Ketua Mahkamah Syar’iyah Calang memimpin Rapat Evaluasi dan Koordinasi Bulan Oktober Tahun 2023 yang di hadiri oleh Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Panitera Pengganti Banding (yang di perbantukan di MS Calang), Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Pegawai dan PPNPN Mahkamah Syar’iyah Calang. Rapat yang bertempat di Ruang Sidang Anak Mahkamah Syar’iyah Calang memiliki beberapa agenda seperti Penyampaian Hasil Pengawasan oleh Hakim Pengawas Bidang Mahkamah Syar’iyah Calang, Penyampaian hasil Rapat Bulanan Bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan, Pembinaan oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah Calang dan terakhir sesi tanya jawab oleh Peserta Rapat.

2

Rapat dibuka oleh Bapak M. Mustalqiran, S.H.I., M.H. (Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Calang) yang menyampaikan secara garis besar rapat kali ini memiliki agenda pembahasan agar seluruh peserta rapat dapat terlibat dalam pembahasan program kerja Mahkamah Syar’iyah Calang yang sudah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan pada bulan-bulan selanjutnya. Setelah pembukaan yang dilakukan oleh Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Calang, rapat kemudian diserahkan kepada Bapak Novan Satria, S.Sy. untuk menyampaikan agenda rapat pertama yaitu hasil Pengawasan Bidang Triwulan III pada Mahkamah Syar’iyah Calang. Setelah itu penyampaian hasil rapat bidang oleh masing-masing Bidang baik Bidang Kepaniteraan maupun Kesekretariatan.

2

Dari bagian Kesekretariatan, Sekretaris MS Calang Bapak Saifuddin, S.H.I. menyampaikan laporan kegiatan selama bulan September 2023. Selain itu, beliau juga menyampaikan laporan realisasi penyerapan anggaran DIPA, baik DIPA 01 maupun DIPA 04. Untuk DIPA 01 telah terealisasi sebanyak 76,73% yang terdiri dari belanja pegawai, belanja operasional, belanja non operasional, dan belanja modal. Sedangkan DIPA 04 telah terealisasi sebanyak 86,29% yang terdiri dari anggaran rapat koordinasi, perkara prodeo, sidang keliling, dan layanan Posbakum.

3

Kemudian dari bagian kepaniteraan, Panitera MS Calang Bapak Rasyadi, S.H. menyampaikan bahwa maka berikut ini kami sampaikan keadaan perkara di Mahkamah Syar'iyah Calang per tanggal 29 September 2023. Sampai dengan akhir September 2023 sudah ada total 253 perkara yang masuk ke Mahkamah Syar'iyah Calang dengan tambahan sisa perkara sebanyak 13 perkara, total beban perkara di Mahkamah Syar'iyah Calang per September 2023 sebanyak 255 Perkara. Dari total perkara tersebut, yang sudah putus sebanyak 242 perkara dan sisa perkara sebanyak 13 perkara. Dari perkara tersebut, jumlah perkara yang Dikabulkan sebanyak 216 Perkara, Perkara yang dicabut sebanyak 11 Perkara, Perkara yang Tidak Dapat Diterima 4 Perkara, Perkara yang Ditolak 4 Perkara dan Perkara yang Gugur 8 Perkara.

4

Kemudian Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Calang, mengapresiasi capaian kinerja dari setiap unit. Rapat ditutup dengan sambutan dan evaluasi kinerja dari Ketua Mahkamah Syar’iyah Calang beliau memberikan masukan dan arahan bagi setiap unit untuk dapat bekerja lebih baik dan maksimal ke depannya. Rapat kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab oleh peserta rapat sebelum akhirnya ditutup pada pukul 16.200 WIB.