judul website 2020 1

Pembinaan dan Pengawasan Oleh Hakim Tinggi Mahkamah Syar’iyah Aceh Pada Mahkamah Syar’iyah Calang

Ditulis oleh Administrator. Posted in Berita

Ditulis oleh Administrator. Posted in Berita

pengawasan ms aceh mei 2023 1

Kamis (11/05/2023) Mahkamah Syar’iyah Calang menerima kedatangan Tim Pengawas dari Mahkamah Syar’iyah Aceh. Tim pengawasan dipimpin oleh Bpk. Drs. H. Imbalo, S.H., M.H. (Hakim Tinggi), serta didampingi oleh Bpk. Drs. Muhammad (Panitera Pengganti), dan Sdr. Muhammad Al Kausar, S.E.I. (Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran). Kedatangan tim pengawasan tersebut diterima langsung oleh Bpk. Ahmad Nazif Husainy, S.H.I. (Ketua) dan Bpk. Saifuddin, S.H.I. (Sekretaris) bersama seluruh aparatur Mahkamah Syar’iyah Calang.

pengawasan ms aceh mei 2023 2

Kedatangan tim pengawas daerah tersebut berdasarkan Surat Tugas Nomor: W1-A/1207/PS.03/V/2023 tanggal 08 Mei 2023, bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas hakim terkait teknis yustisial. Sebelum melaksanakan kegiatan pengawasan, Tim pengawasan meninjau ruang PTSP, ruang tunggu sidang, ruang Posbakum, ruang arsip, dan ruang mediasi sebelum akhirnya tim pengawasan dari Mahkamah Syar’iyah Aceh mekakukan pemeriksaan beberapa berkas perkara yang dilaksanakan di Ruang Media Center Mahkamah Syar’iyah Calang.

pengawasan ms aceh mei 2023 3

Setelah pelaksanaan pengawasan terhadap Mahkamah Syar’iyah Calang, selanjutnya tim pengawasan melaksanakan ekspos terhadap hasil pengawasan pada hari Jum’at (12/05/2023) yang bertempat di Ruang Sidang Mahkamah Syar’iyah Calang. Dalam ekspos yang diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Pegawai serta PPNPN Mahkamah Syar’iyah Calang dibuka oleh Bpk. Khaimi, S.H.I. (Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Calang). Dalam sambutannya beliau mengucapkan permohonan maaf karena pada saat pelaksanaan pengawasan bertepatan dengan dilaksanakannya kegiatan sidang di luar gedung yang menyebabkan penerimaan tim pengawas oleh Mahkamah Syar’iyah Calang menjadi kurang maksimal.

pengawasan ms aceh mei 2023 4

Setelahnya beliau mempersilahkan kepada tim pengawas untuk menyampaikan hasil eksposnya. Untuk bagian Kesekretariatan secara keseluruhan pelaksanaan administrasi sudah dilaksanakan dengan baik walaupun ada sedikit temuan terkait dengan berita acara serah terima Barang Milik Negara (BMN) kemudian Daftar Inventaris Ruangan yang belum diperbarui serta for belum terbaruinya formulir permintaan cuti. Kemudian hasil ekspose dilanjutkan untuk Bidang Kepaniteraan serta Administrasi Persidangan. Untuk bidang Kepaniteraan perlu dibuat pembaruan SK tentang panjar biaya perkara yang di dalamnya mencakup Panjar Biaya Sita serta SK Khusus untuk biaya panggilan perkara Ghaib.

pengawasan ms aceh mei 2023 5

Sebelum menutup kegiatan ekspos, Hakim Tinggi Mahkamah Syar’iyah Aceh menyampaikan pesan agar beberapa temuan tersebut dapat segera ditindaklanjuti dan kinerja yang sudah baik tetap dapat terus dipertahankan. Kegiatan ekspos selesai pukul 16.30 WIB dan diakhiri dengan sesi foto bersama antara tim pengawas dan seluruh aparatur Mahkamah Syar’iyah Calang.

pengawasan ms aceh mei 2023 6