judul website 2020 1

Pelayanan Prima Mahkamah Syar’iyah Calang Bagi Penyandang Disabilitas

Ditulis oleh Administrator. Posted in Berita

Ditulis oleh Administrator. Posted in Berita

28eca42a 3ad1 453e ba34 07bceb6c2737

Mahkamah Syar’iyah Calang berkomitmen dalam memberikan pelayanan prima secara menyeluruh kepada seluruh masyarakat pencari keadilan yang dikenal dengan “justice for all”, dengan berusaha semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan tanpa terkecuali, termasuk juga para pihak berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas. Salah satu upaya Mahkamah Syar’iyah Calang untuk memberikan pelayanan prima kepada para pihak berkebutuhan khusus tersebut meliputi fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas seperti jalur disabilitas, kursi roda, dan toilet disabilitas. Hal ini merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor: 206/DJA/SK/I/2021 tanggal 19 Januari 2021, tentang Standar Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas di Lingkungan Badan Peradilan Agama.

340ea60f 45ee 452a 8894 0c75f57ec4ab

Selain menyediakan fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas, Mahkamah Syar’iyah Calang juga berusaha maksimal dalam memberikan pelayanan prima bagi penyandang disabilitas. Rabu 25 Januari 2023 Pegawai Mahkamah Syar’iyah Calang bahu-membahu melayani salah satu pihak berperkara yang juga penyandang disabilitas untuk memasuki ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Penyandang disabilitas dilayani sebagaimana yang tertera dalam Pasal 4 Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dimana mereka diberi kesamaan hak, persamaan perlakuan dan fasilitas dan perlakuan khusus dengan diberikan kursi roda dan akses yang mudah untuk menuju ruang persidangan.

d623fac6 2862 4d31 87b6 85b23cbb3cca

Dengan adanya fasilitas dan pelayanan tersebut diharapkan masyarakat pencari keadilan berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas dapat terbantu, sehingga tingkat kepuasan terhadap pelayanan di Mahkamah Syar’iyah Calang semakin meningkat. Hal tersebut sejalan juga dengan core values ASN, yaitu berorientasi pelayanan dimana Mahkamah Syar’iyah Calang berusaha memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa terkecuali, termasuk juga para pihak berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas dengan melakukan pelayanan yang ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan.